Welcome to ACI Official Site!|Friday, August 23, 2019
You are here: Home » Publications » Persaingan Sehat dan Akselerasi Pembangunan Ekonomi

Persaingan Sehat dan Akselerasi Pembangunan Ekonomi 

Persaingan Sehat dan Akselerasi Pembangunan Ekonomi

Penulis: Soy Martua Pardede, SE
Editor: Prof. Dr. Djisman Simandjuntak, Dr. Raden Pardede, BN Marbu, SH
Cetakan Pertama: 2010
Penerbit: Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

Abstrak

Mengapa eksistensi hukum persaingan itu perlu? Pertanyaan itu cukup menggelitik dan mengundang perdebatan yang ramai antara yang pro dan kontra terhadap hokum persaingan. Memang hidup ini sendiri adalah persaingan sejak bangun pagi sampai tidur kembali.

Bunga rampai butir-butir pikiran dan pengamatan atas penulis buku ini patut dibaca dan perlu, tidak hanya untuk memahami seluk beluk dan praktik persaingan usaha, tetapi juga melihat panorama suka duka persaingan antara kebenaran dan persekongkolan dengan segala variasinya. Hasil empiris dari berbagai penelitian di berbagai negara mencoba menjelaskan kedua pandangan yang bertolak belakang di atas. Hal inilah menjadi catatan yang sangat penting yang perlu ditelaah dan dimengerti oleh para pembuat kebijakan, para regulator termasuk para politisi pembuat undang-undang.
Persaingan yang terlalu intens dapat mengakibatkan hasil negatif terhadap pembangunan ekonomi. Persaingan pada awalnya akan menaikkan kesejahteraan namun diatas tingkat persaingan tertentu justru akan berdampak negatif terhadap kesejahteraan.

Untuk tahap awal persaingan, lebih banyak persaingan akan menguntungkan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan, karena persaingan akan mengakibatkan penggunaan sumber daya yang lebih efisien tanpa mengurangi insentif untuk inovasi. Ada efek positif yang dominan dari realokasi sumber daya yang lebih efisien. Namun manakala tingkat persaingan menjadi lebih keras, atau berlebihan (over competition) persaingan usaha itu justru akan lebih mengurangi pengembangan tekonologi dan hanya dapat memperbaiki alokasi sumber daya secara marginal. Ada efek negatif yang dominan dari berkurangnya keuntungan terhadap pembangunan ekonomi. Jadi ada batas optimal tertentu agar persaingan dapat mengakselerasi pembangunan ekonomi, persaingan yang berlebihan justru dapat berdampak negatif terhadap pembangunan ekonomi. Bunga rampai tulisan dan pengamatan penulisan ini dapat dipakai sebagai alat pembanding, merupakan horizon pemikiran dan untuk menjaga keseimbangan di antara dua kutub yang saling berbenturan.

Publication-1

Related posts:

Add a Comment